Review 10 Rekomendasi Merk SSD External Portable Terbaik (Terbaru 2022)

Khuyenmaijanus.com – Selain flashdisk atau HDD eksternal, SSD external juga sering dijadikan sebagai pilihan media penyimpanan karena proses transfer data yang cepat dan berukuran kecil sehingga mudah dibawa ke manapun.

SSD External Terbaik
Gambar Ilustrasi SSD External / Brand Samsung

Di Indonesia sendiri ada beberapa merk SSD external terbaik yang sudah terjamin bagus kualitasnya, seperti WD, Samsung, Sandisk, Transcend, Seagate dan Kingston. Berikut artikel selengkapnya mengenai cara memilih, rekomendasi, serta cara merawat SSD external.

Cara Memilih SSD Eksternal yang Bagus dan Cocok

SSD atau Solid State Drive pada dasarnya berfungsi menyimpan data seperti hardisk, namun menggunakan memori semikonduktor untuk merekam data. Seperti halnya hardisk, SSD juga ada yang dibuat untuk penggunaan eksternal yang praktis dibawa ke berbagai tempat karena berukuran mini. Meski demikian, berbagai merk SSD external terbaik juga telah dilengkapi fitur yang ciamik untuk memaksimalkan kinerjanya. Namun supaya memperoleh SSD eksternal terbaik di pasaran, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

1. Memilih kapasitas SSD sesuai kebutuhan

SSD eksternal  biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan cadangan, terlebih kalau file yang disimpan jumlahnya sangat banyak atau berukuran besar. Kalau akan digunakan untuk menyimpan file berupa foto dari kamera digital, file gambar, atau dokumen teks, maka SSD external terbaik berukuran 500 GB sudah sangat cukup. Bahkan SSD external berkapasitas 500 GB sudah mencukupi untuk seorang fotografer profesional.

Untuk keperluan menyimpan atau back up data game, seperti game Xbox atau PS4, dan back up video kualitas tinggi, maka diperlukan SSD external terbaik berkapasitas hingga 1 TB. Sebagai contoh game Read Dead Redemption 2 dan Cyberpunk yang termasuk game AAA, masing-masing memerlukan hingga 150 GB dan 70 GB storage usage..

2. Memastikan kecepatan transfer maksimum dan kecepatan baca/tulis

Berbagai merk SSD external terbaik yang ada saat ini umumnya dilengkapi dengan versi USB 3.1, namun ada juga yang sudah mencapai USB 3.2 dan Thunderbolt. Meski versinya sama, pasti tetap ada perbedaan kecepatan transfer dari setiap SSD, jadi Anda perlu membandingkan interface, kecepatan transfer maksimum, dan kecepatan baca/tulis data dari SSD tersebut. Supaya performa SSD bisa berjalan dengan maksimal, maka pilih SSD external yang mempunyai kecepatan baca/tulis data minimal 450 MBps.

3. Memilih SSD yang kompatibel dengan berbagai OS

Beberapa produk SSD external hanya mendukung penggunaan pada OS Windows saja atau Mac saja, sehingga akan menyulitkan proses transfer ke perangkat dengan OS yang berbeda. Jadi sebaiknya memilih SSD external terbaik exFAT yang bisa kompatibel dengan berbagai jenis OS, baik Windows, Mac, maupun Linux. Anda bisa melihat jenis OS yang kompatibel dengan SSD tersebut bisa dilihat pada tabel spesifikasi dari produk terkait.

Merk SSD External Terbaik
Gambar Ilustrasi SSD External / Brand Western Digital (WD) / Komputronik

4. Mempertimbangkan fitur pengaman, ketahanan, dan ukurannya

Kalau SSD portable akan dibawa ke berbagai tempat, maka pertimbangkan untuk memilih SSD external terbaik yang tahan getaran, goncangan, debu, dan air. Hal tersebut untuk mencegah kerusakan data di dalamnya meski sewaktu-waktu terjatuh atau masuk ke dalam air.

BACA  Review realme C30: HP Stylish Sejutaan Dengan Baterai Jumbo

Pastikan juga merk SSD external terbaik yang Anda beli sudah dilengkapi dengan sistem keamanan untuk berjaga-jaga apabila SSD hilang, terlebih lagi jika SSD itu digunakan untuk kepentingan pekerjaan atau kepentingan urgent lainnya. Beberapa fitur keamanan yang sering tersemat pada SSD eksternal adalah password dan fingerprint.

Ketika sudah menemukan merk SSD external terbaik dengan fitur dan keamanan yang bagus, berikutnya perhatikan juga ukuran dan berat SSD supaya bisa dibawa dengan nyaman. Kalau mau mudah dibawa-bawa, maka pilih SSD yang ukurannya hanya sebesar kartu nama dengan ketebalan kurang dari 10 mm. Produk SSD yang sudah dilengkapi dengan strap dan kabel USB juga akan menguntungkan Anda.

5. Mempertimbangkan penggabungan SSD dan HDD

Pada dasarnya, SSD dan HDD dapat digabung pada PC yang sama, asalkan slotnya tersedia pada motherboard. Akan tetapi perlu dicek lagi apakah SSD itu berbentuk SATA, PCIe, atau M.2. Sedangkan untuk SSD external terbaik, pastikan interface-nya sesuai dengan perangkat yang Anda punya, baik itu USB C 3.1, 3.2, USB A, maupun Thunderbolt. Selama interface SSD cocok dengan bentuk USB pada laptop atau PC, SSD dan HDD bisa digunakan bersamaan dalam satu perangkat.

10 Rekomendasi Merk SSD External Terbaik

Produk SSD eksternal yang ada di pasaran memang belum sebanyak HDD atau hardisk eksternal, sehingga masih dijual dengan harga yang cukup mahal. Berikut ini rekomendasi selengkapnya dari khuyenmaijanus mengenai berbagai merk SSD external yang bisa jadi pilihan Anda.

1. Samsung SSD T7 External Portable 500GB

SSD External Terbaik Samsung SSD T7 External Portable
Merk SSD External Samsung SSD T7 External Portable

Meski dibuat dalam ukuran 8.5 cm x 5.7 cm x 0.8 cm, atau hanya seukuran genggaman telapak tangan, Samsung Portable SSD T7 dibekali dengan kapasitas mencapai 500 GB. SSD external terbaik ini mempunyai interface USB 3.2 Gen 2 dengan PCIe NVMe technology yang mendukung kecepatan membaca dan menulis data hingga 1000-an Mbps. Untuk menjamin keamanan datanya, Samsung Portable SSD T7 memiliki AES 256-bit encrypted password dan bodinya terbuat dari metal yang melindungi SSD meski jatuh dari ketinggian 2 meter.

Bukan hanya kompatibel dengan berbagai jenis OS, Samsung Portable SSD T7 juga kompatibel dengan konsol game, jadi bisa menjadi pilihan merk SSD external terbaik untuk Anda yang merupakan gamer profesional. Tersedia dalam pilihan warna merah, biru, dan abu-abu, Samsung Portable SSD T7 dijual dengan harga 1,4 jutaan rupiah.

2. Sandisk Extreme External Portable 1TB

SSD External Terbaik Sandisk Extreme External Portable
Merk SSD External Sandisk Extreme External Portable

SanDisk Extreme SSD Seri E61 mempunyai penyimpanan sebesar 1 TB dan mendukung kecepatan transfer hingga 1050 Mbps. Ukurannya hanya 10.54 cm x 5.3 cm x 0.9 cm, sehingga SSD external terbaik ini bisa dimasukkan ke dalam saku baju maupun tas dengan mudah. Untuk keamanannya, digunakan shell silicon untuk menahan goncangan, debu, maupun air pada bodi SSD, hardware encryption, dan 256bit AES encryption.

SanDisk 1TB Extreme SSD Seri E61 kompatibel dengan OS Windows, Mac, bahkan Android menggunakan hardware USB 3.1 Gen 2 atau USB-C dan software Sandisk Memory Zone. Dijual dengan harga 2,2 jutaan rupiah, merk SSD external terbaik ini menjadi pilihan yang tepat untuk orang-orang yang memerlukan penyimpanan eksternal berkapasitas besar.

3. HP Portable SSD P500 250 GB

SSD External Terbaik HP SSD External P500
Merk SSD External HP SSD External P500

HP atau brand Hewlett Packard juga memproduksi SSD external terbaik, salah satunya HP Portable SSD P500 yang berkapasitas 250 GB. Produk ini menggunakan interface USB 3.1 Gen2 atau USB tipe C dengan kecepatan membaca dan menulis data maksimal 370 Mbps dan 200 Mbps. Karena kapasitas dan kecepatan pemrosesan datanya cukup terbatas, HP Portable SSD P500 kurang cocok digunakan untuk penyimpanan file game atau hasil edit video.

BACA  Review ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402): Laptop Berbasis 5G

Dengan ketebalan yang hanya 1 cm dan berat 60 gram, HP Portable SSD P500 sangat mudah dibawa untuk bepergian. Merk SSD external terbaik ini mempunyai pilihan warna yang beragam, ada hitam, silver, merah, dan biru, serta dijual dengan harga 700 ribuan rupiah.

4. Adata External SSD SC685 500 GB

SSD External Terbaik Adata External SSD SC685
Merk SSD External Adata External SSD SC685

Adata External SSD SC685 mempunyai bobot yang sangat ringan, hanya sekitar 35 gram, jadi tidak akan menyulitkan Anda kalau harus membawanya traveling. SSD external terbaik ini tersedia dalam pilihan kapasitas, mulai dari 250GB hingga 2TB yang semuanya menggunakan interface USB 3.2 Gen 2 Type-C. Khusus untuk kapasitas 500GB, memberikan kecepatan memproses data hingga 530 Mbps.

Namun Adata External SSD SC685 hanya mendukung OS yang versinya cukup baru, antara lain Windows mulai dari Windows 8, Mac OS X 10.6 atau setelahnya, Linux Kernel 2.6 atau setelahnya, serta Android 5.0 atau setelahnya. Merk SSD external terbaik ini bisa dibeli secara online di Tokopedia dan harganya 900 ribuan rupiah.

5. Seagate Expansion SSD Portable 500 GB

SSD External Terbaik Seagate Expansion SSD Portable 500 GB
Merk SSD External Seagate Expansion SSD Portable 500 GB

Seagate menjadi salah satu merk SSD eksternal yang telah memperoleh predikat Top Brand pada 2021, jadi kualitas produk SSD-nya tidak perlu diragukan. Seagate Expansion SSD Portable mempunyai kapasitas 500 GB dan menggunakan interface USB-C yang juga cocok pada Android. Anda bisa menggunakan merk SSD external terbaik ini di OS Mac maupun Windows tanpa perlu format ulang. Seaget Expansion SSD Portable cukup banyak dijual di e-commerce maupun toko perlengkapan komputer dengan harga 1,4 jutaan rupiah.

6. Kingston Portable SSD XS2000 – 1TB

SSD External Terbaik Kingston Portable SSD XS2000
Merk SSD External Kingston Portable SSD XS2000

Kingston terkenal dengan berbagai produk flashdisk yang harganya cukup terjangkau namun berkualitas. Untuk melengkapi rangkaian produk penyimpanannya, brand satu ini juga mengeluarkan SSD external, salah satunya Kingston Portable SSD XS2000 yang berkapasitas 1TB. Menggunakan interface USB 3.2 Gen 2×2, SSD external terbaik ini menghadirkan kecepatan baca dan tulis hingga 2000 Mbps.

Terbuat dari bahan logam dan plastik, bobot Kingston Portable SSD XS2000 hanya sekitar 28,9 gram saja. Merk SSD external terbaik ini kompatibel dengan beberapa jenis OS, seperti Windows® 10, 8.1, Mac OS minimal v.10.14.x, Linux minimal v. 2.6.x +, dan Chrome OS™. Kingston Portable SSD XS2000 dijual dengan harga 2,5 jutaan rupiah dan menawarkan garansi resmi hingga 5 tahun.

7. WD Elements SE External SSD 2TB

SSD External Terbaik WD Elements SE External SSD
Merk SSD External WD Elements SE External SSD

Kalau Anda memerlukan SSD external terbaik dengan kapasitas mencapai 2TB, WD Elements SE SSD bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk ini ssebenarnya merupakan pengganti dari WD Passport Go yang tidak diproduksi lagi. Menggunakan interface USB 3.0 dan kecepatan mencapai 400 Mbps, WD Elements SE SSD sudah berformat ExFAT jadi kompatibel dengan Windows 10, macOS Big Sur, Catalina, dan Mojave tanpa perlu re-format.

Untuk mendukung performanya, merk SSD external terbaik ini didukung oleh fitur drop resistance hingga 2 meter. Kalau Anda seorang content creator , WD Element SE SSD memungkinkan kontrol yang mudah untuk mengakses berbagai konten di laptop maupun PC. Produk ini bisa Anda beli dengan harga 3,5 jutaan rupiah.

BACA  Review Infinix Hot 12 Play: HP Terjangkau Dengan Baterai Jumbo

8. VIVAN SSD Hardisk  Portable 120GB

SSD External Terbaik VIVAN SSD Hardisk Portable
Merk SSD External VIVAN SSD Hardisk Portable

VIVAN SSD Hardisk Portable bisa menjadi merk SSD external terbaik untuk komputer atau laptop yang tidak digunakan untuk pekerjaan berat, karena kapasitas memorinya hanya 120GB. Meski demikian, produk yang hanya setebal 7 mm memiliki kecepatan transfer data hingga 550 Mbps lengkap dengan fitur enkripsi hardware 256-bit. VIVAN SSD Hardisk Portable dijual dengan harga 300 ribuan rupiah saja dan sudah kompatibel dengan semua jenis komputer maupun laptop, baik menggunakan OS Windows, Mac, maupun Linux.

9. Transcend External SSD ESD240C – 240GB

SSD External Terbaik Transcend External SSD ESD240C - 240GB
Merk SSD External Transcend External SSD ESD240C – 240GB

Dibuat berukuran 8.14 cm x 3.36 cm x 0.75 cm dengan berat hanya 33 gram, Transcend External SSD ESD240C tersedia dalam pilihan kapasitas 240 GB dan 480 GB. Untuk kapasitas 240 GB, kecepatan transfer data yang ditawarkan mencapai 500 Mbps, namun tergantung pada penggunaan dan kapasitas penyimpanan yang tersisa. Merk SSD external terbaik ini menggunakan interface USB 3.1 Gen 2 dan kompatibel dengan Windows 7, Windows 8, Windows 10, serta Mac OS X 10.5 atau setelahnya. Harga Transcend External SSD ESD240C  juga tidak terlalu mahal, sekitar 700 ribuan rupiah.

10. LaCie Rugged SSD Pro Thunderbolt 3 1 TB

SSD External Terbaik LaCie Rugged SSD Pro Txhunderbolt 3
Merk SSD External LaCie Rugged SSD Pro Thunderbolt 3

Untuk Anda yang mencari merk SSD external terbaik yang menggunakan USB-C dan Thunderbolt 3 sebagai antarmukanya, LaCie Rugged SSD Pro bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal tersebut membuat SSD external yang berkapasitas 1TB ini menghadirkan kecepatan transfer data yang sangat cepat, bahkan hingga 2800 Mbps. Keunggulan lain dari LaCie Rugged SSD Pro adalah IP67-rated water resistance, drop tolerance 3 meter, tahan debu, dan car crush resistance hingga 2 ton.

Menariknya lagi, untuk setiap pembelian LaCie Rugged SSD Pro akan diberikan gratis membership Adobe selama satu bulan, jadi Anda bisa memaksimalkan editing berbagai foto maupun video. Merk SSD external terbaik ini dijual dengan harga 7,8 jutaan rupiah dan kompatibel dengan Windows® 10 atau setelahnya serta Mac OS 10.12.

Cara Merawat SSD Eksternal Awet & Tetap Bagus

Meski sudah dibeli dengan harga yang mahal, apapun merk SSD external terbaik yang Anda punya tetap memerlukan perawatan agar tahan lama. Berikut beberapa cara merawat SSD external yang bisa dilakukan.

1. Selalu lepas dalam mode “Safe Remove Hardware”

Fungsi mengaktifkan mode ketika melepas SSD external yang Anda miliki adalah untuk memastikan data-data yang tersimpan pada cache benar-benar terhapus sehingga tidak merusak data pada SSD external.

2. Jangan sampai terbanting

Meski berbagai SSD external di atas sudah dilengkapi dengan anti guncangan, atau bahkan anti air, namun tetap saja Anda harus menjaga SSD tersebut supaya tidak terguncang, apa lagi terbanting.

3. Berikan sirkulasi udara yang baik

Suhu SDD external ketika beroperasi akan cenderung panas, sehingga bisa menimbulkan kerusakan pada SDD tersebut, termasuk SSD external yang harganya mahal. Hindari meletakkan SSD pada permukaan yang mengurung panas ketika beroperasi, seperti kasur, bantal, atau karpet.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk merawat SSD external yang Anda beli adalah menjaga SSD selalu kering walaupun sudah memiliki fitur anti air, tidak mencabut-pasang kabel USB terlalu sering karena bisa membuat konektor menipis, biasakan memegang kepala konektor USB ketika mencabut kabel, serta gunakan kabel Y untuk membantu menstabilkan pasokan listrik SSD.

Kesimpulan

SSD atau Solid State Drive bukan hanya bisa dipasang di dalam laptop atau PC, melainkan juga tersedia versi SSD external. SSD jenis ini bisa digunakan sebagai penyimpanan alternatif saat harus membawa data-data yang ada di komputer ke luar kota. Pada artikel ini sudah dibahas mengenai cara memilih dan rekomendasi merk SSD external terbaik, serta cara merawatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.