Review 10 Rekomendasi Merk SSD Terbaik untuk Laptop dan PC (Terbaru 2022)

Khuyenmaijanus.com – Merk SSD Terbaik. SSD atau Solid State Drive sering digunakan sebagai media penyimpanan utama dalam PC dan laptop karena memiliki tingkat kemampuan membaca dan menulis data yang cepat. Kemampuan SSD dianggap lebih baik dibandingkan HDD, bahkan mencapai 10 kali lipat lebih baik. Penggunaan SSD juga memperbaiki performa PC dan laptop, misalnya dengan melalkukan proses booting lebih cepat. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara mezmilih dan rekomendasi merk SSD untuk laptop dan PC.

Cara Memilih SSD yang Bagus untuk Laptop

Baik SSD dan HDD sebenarnya punya fungsi yang sama, yaitu menyimpan data dan informasi pada laptop maupun PC, namun keduanya berbeda pada teknologi konstruksinya. SSD menggunakan chip berteknologi non-volatile yang disebut flash NAND untuk menyimpan data.

SSD Terbaik untuk Laptop dan PC
Gambar Ilustrasi Jenis SSD / Techmodena.com

Dalam setiap SSD tidak terdapat komponen yang bergerak ketika memproses data, serta sistem elektriknya bisa memproses data hingga 20 kali lebih cepat daripada HDD. Sementara itu, HDD menggunakan piringan cakram yang berputar dan bekerja secara magnetik seperti sistem kerja CD dan DVD.

Merk SSD terbaik untuk laptop ada yang didesain untuk pemakaian internal dan eksternal PC atau laptop. Berikut ini beberapa yang perlu diperhatikan saat akan membeli SSD terbaik untuk internal laptop dan PC.

1. Menyesuaikan jenis konektor dengan kebutuhan

Pertama, jenis SATA yang merupakan salah satu model SSD pertama di pasaran dengan bentuk, ukuran, dan konektornya sama seperti HDD, yakni form factor 2,5 inci. Jadi kalau Anda memiliki laptop, PC, maupun konsol game yang masih menggunakan HDD, coba ganti dengan SSD SATA supaya perangkat berjalan lebih cepat. Terdapat beberapa tipe SATA pada berbagai SSD, yaitu SATA 1.0, SATA 2.0, dan SATA 3.0.

Kedua, jenis mSATA yang berukuran lebih kecil dibandingkan SATA sehingga bisa digunakan untuk perangkat berukuran kecil. SSD jenis ini banyak dijumpai pada ultrabook dan tablet. Meski demikian, SSD mSATA terbaru bahkan mempunyai kapasitas penyimpanan hingga 1 TB. SSD jenis ini biasanya dijual dengan harga cukup terjangkau dan memerlukan daya cukup rendah untuk beroperasi.

Ketiga, jenis M.2 yang merupakan salah satu form factor terbaru pada berbagai SSD. Slot M.2 terpasang tanpa kabel, melainkan hanya menempel di motherboard. Akan tetapi perlu diketahui bahwa M.2 hanya form factor dan tidak menentukan kecepatan SSD. Hal yang menentukan kecepatan SSD adalah konektor yang dirangkai bersama M.2, antara lain M.2 SATA SSD, M.2 PCIe SSD, M.2 NVMe SSD

2. Memilih berdasarkan kapasitas data SSD

Hal penting lain yang harus diperhatikan saat akan membeli merk SSD terbaik untuk laptop adalah kapasitasnya. Kalau hanya untuk meningkatkan performa pada sistem OS, SSD yang berkapasitas 128 GB – 256 GB sudah cukup. Tapi kalau digunakan juga sebagai media penyimpanan data sistem, maka pilih SSD berkapasitas tidak kurang dari 256 GB.

BACA  Review Acer Swift X: Laptop Stylish dengan Performa Gahar

Kalau akan digunakan untuk mengunduh beragam game, seperti game online atau STEAM, maka sebaiknya pilih merk SSD terbaik untuk laptop berkapastias 512 GB atau lebih. Akan lebih baik kalau Anda memilih SSD yang kapasitasnya bisa di-upgrade, sehingga tidak perlu membeli SSD lagi saat sudah penuh. Untuk keperluan merekam dan mengedit game, sebaiknya pilih kapasitas SSD yang direkomendasikan produsen game.

Untuk keperluan yang cukup besar, seperti edit video, programming, dan sejenisnya, maka gunakan merk SSD terbaik untuk laptop berkapasitas 512 GB sampai 1 TB, atau bahkan lebih. Supaya kinerja komputer lebih efisien, Anda bisa menyimpan hasil editan di HDD yang berkapasitas 1 TB, sedangkan SSD-nya hanya fokus untuk memproses data.

3. Memastikan kecepatan SSD memproses data

Setiap merk SSD terbaik untuk laptop tentu memiliki perbedaan spesifikasi. Kalau spesifikasinya dituliskan 550 mbps, artinya produk tersebut mempunyai kecepatan maksimum 550 mbps. Akan tetapi, kecepatan pemrosesan data maksimum ini hanya berlaku di komputer yang kompatibel dengan SSD terkait. Kalau spesifikasi laptop atau PC tidak sesuai dengan SSD-nya, kecepatan pemrosesan data juga bisa lebih lambat.

10 Rekomendasi Merk SSD Terbaik untuk Laptop

Pada toko perlengkapan komputer atau laptop tentunya juga menjual berbagai merk SSD, seperti Western Digital, Samsung, Seagate, dan V-GeN. Berikut ini rekomendasi selengkapnya terkait merk SSD untuk laptop dan PC dari khuyenmaijanus

1. Western Digital SSD WD Green 240 GB

Merk SSD terbaik untuk laptop dan PC Western Digital SSD WD Green 240 GB
Merk SSD Western Digital SSD WD Green 240 GB

Western Digital SSD WD Green berukuran 2,5 inci dengan ketebalan hanya 7 mm sehingga mudah disisipkan di dalam laptop atau PC. Dibuat dengan model M.2 2280, merk SSD terbaik untuk laptop ini memiliki interface SATA 3 dengan read speed maksimum 545 MB/detik dan write speed 430 MB/detik. Ditambah lagi, konsumsi dayanya juga sangat rendah hanya sekitar 52 miliWatt saja untuk proses transfer data.

Produsen Western Digital SSD WD Green mengklaim bahwa produk ini dapat digunakan hingga 1 juta jam, tentunya tergantung kebiasaan pemakaiannya ya. Dengan beberapa keunggulan tersebut, harga merk SSD terbaik untuk laptop ini masih terbilang murah, yaitu 500 ribuan rupiah.

2. Samsung SSD 980 M.2 NVMe 1 TB

Merk SSD terbaik untuk laptop dan PC Samsung SSD 980 M.2 NVME
Merk SSD Samsung SSD 980 M.2 NVME

Dengan kapasitas mencapai 1 TB, Samsung SSD 980 M.2 NVME pasti sangat cocok untuk  memenuhi pekerjan laptop yang cukup berat, seperti gaming, workstation, design, dan 3D design. Merk SSD terbaik untuk laptop ini mampu mencapai kecepatan membaca hingga 3500 MB/s dan kecepatan menulis data hingga 3000 MB/s. Kalau akan menggunakan produk ini, pastikan PC atau laptop Anda memiliki motherboard yang kompatibel, seperti Asus, MSI, Biostar, Asrock, Gigabyte, dan ECS.

Untuk memaksimalkan kinerjanya, merk SSD terbaik untuk laptop ini dibekali dengan perangkat lunak Magician Software for SSD management. Dijual dengan harga 2 jutaan rupiah, Samsung SSD 980 M.2 NVME diklaim bisa tahan hingga 1.5 jam.

3. HP SSD EX900 M2 NVMe 3D TLC NanD 250GB

Merk SSD terbaik untuk laptop dan PC HP SSD EX900 M2 NVMe 3D TLC NanD
Merk SSD HP SSD EX900 M2 NVMe 3D TLC NanD

HP SSD EX900 bisa digunakan untuk laptop maupun PC dari semua merk, baik itu ASUS, ACER, LENOVO, TOSHIBA, dan merk lainnya. Merk SSD terbaik untuk laptop ini tersedia dalam kapasitas paling kecil sekitar 250GB dengan kecepatan membaca hingga 2100MB/s dan kecepatan menulis mencapai 1300 MB/s. Daya yang diperlukan untuk operasional juga sangat kecil, yaitu hanya sekitar 3 watt.

BACA  Review 10 Rekomendasi Mouse Wireless Terbaik (Terbaru 2022)

Merk SSD terbaik untuk laptop ini akan beroperasi maksimal pada suhu 0 – 70 derajat celcius. Jadi kalau laptop Anda sudah mulai panas, sebaiknya matikan dulu laptopnya supaya SSD-nya bisa bekerja lagi secara optimal. HP SSD EX900 dijual mulai dari 580 ribuan rupiah dengan waktu pakai maksimum mencapai 2 juta jam.

4. V-GeN SSD SATA 3 128GB

Merk SSD terbaik untuk laptop dan PC V-GeN SSD SATA 3 128 GB
Merk SSD V-GeN SSD SATA 3 128 GB

Dengan kapasitas 128 GB, V-GeN SSD SATA 3 dapat mencapai kecepatan membaca data hingga 510 MB/s dan kecepatan menulisnya mencapai 410 MB/s. Merk SSD terbaik untuk laptop ini hanya setebal 6 mm dan telah dilengkapi dengan perangkat keamanan AES 256-Bit Full Disk Encryption (FDE), jadi data yang tersimpan di dalamnya akan tetap terjaga.

V-GeN SSD SATA 3 bisa menjadi pilihan yang bagus untuk Anda yang baru akan beralih ke SSD dan mau membeli produk yang harganya terjangkau terlebih dulu. Meski harganya hanya 250 ribuan rupiah, merk SSD terbaik untuk laptop ini memberikan garansi hingga tiga tahun lho untuk sekali penggantian ketika ada kerusakan.

5. ADATA XPG SX6000LNP LITE PCIe Gen3x4 M.2 2280 512 Gb

Merk SSD terbaik untuk laptop dan PC ADATA XPG SX6000LNP LITE PCIe Gen3x4 M.2 2280
Merk SSD ADATA XPG SX6000LNP LITE PCIe Gen3x4 M.2 2280

Merk SSD terbaik untuk laptop ADATA XPG SX6000LNP sudah mendukung NVMe 1.3 yang dilengkapi dengan 3D NAND Flash, sehingga kinerjanya bisa 3 kali lebih cepat daripada SSD SATA berkapasitas lebih besar. Dengan dukungan form factor M.2 22800 dan teknologi SLC Caching dan DRAM Cache Buffer, produk ini akan memberikan kinerja yang optimal selama gaming, rendering, overclocking, maupun aktivitas berat lainnya.

Berkapasitas 512 Gb, merk SSD terbaik untuk laptop ini memiliki kecepatan membaca maksimal 1800 Mb/s dan kecepatan menulis 1200 Mb/s. ADATA XPG SX6000LNP bisa dibeli melalu Tokopedia dengan harga 780 ribuan rupiah.

6. Midasforce SSD Superlightning 120GB

Merk SSD terbaik untuk laptop dan PC Midasforce SSD Superlightning 120GB
Merk SSD Midasforce SSD Superlightning 120GB

Kalau Anda mencari SSD yang kapasitasnya cukup kecil dan harganya murah, Midasforce SSD Super Lightning bisa menjadi pilihan yang tepat. Berkapasitas 120 Gb, merk SSD terbaik untuk laptop ini dibekali dengan interface SATA III. Tetapi karena kapasitasnya tidak terlalu besar, maka kecepatan membacanya maksimal hanya 550 MB/s dan kecepatan menulis data maksimal hanya 470 MB/s.

Dengan ukuran yang hanya 6 mm, merk SSD terbaik untuk laptop ini tentu sangat mudah disisipkan ke dalam laptop maupun PC. Midasforce SSD Super Lightening dijual dengan harga 200 ribuan rupiah saja dan kompatibel dengan berbagai merk laptop maupun PC.

7. EYOTA SSD  SATA III 256 GB

Merk SSD terbaik untuk laptop dan PC EYOTA SSD SATA III 256GB
Merk SSD EYOTA SSD SATA III 256GB

Seperti merk SSD terbaik untuk laptop yang dibahas sebelumnya, EYOTA SSD dibekali dengan teknologi 3D NAND TLC yang mendukungnya untuk bekerja 10 kali lebih cepat dibandingkan HDD. Produk ini tersedia dalam beberapa kapasitas, salah satunya 256 GB yang menghadirkan kecepatan membaca data hingga 520 Mb/s dan kecepatan menulis data hingga 420 Mb/s. EYOTA SSD 256 GB bisa dibeli melalui Tokopedia atau di toko perlengkapan komputer terdekat dengan harga 300 ribuan rupiah saja.

8. Team Group MP33 NVME M.2 Pcie Gen3 TBW 1000 2TB

Merk SSD terbaik untuk laptop dan PC Team Group MP33 NVME M.2 Pcie Gen3 TBW 1000
Merk SSD Team Group MP33 NVME M.2 Pcie Gen3 TBW 1000

Dibuat dengan kapastias 2 TB, merk SSD terbaik untuk laptop ini memang ditujukan untuk berbagai kinerja yang berat, seperti editing atau gaming. Dengan kapasitas yang sebesar itu, kapasitas membaca dan menulis datanya juga sangat baik, mencapai 1800 Mb/s dan 1500 Mb/s, sehingga bisa memproses data seberat apapun dengan sangat cepat. Namun produk ini hanya dipasang pada OS tertentu, seperti Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, serta Linux 2.6.33 atau versi terbarunya.

BACA  Review ROG Zephyrus Duo 16 GX650: Laptop Gaming Serba Bisa

Merk SSD terbaik untuk laptop ini didesain sepanjang 8 cm dan ketebalan hanya 3.8 mm, jadi Anda perlu berhati-hati saat memasangnya untuk laptop atau PC. Dijual dengan harga 3 jutaan rupiah, Team Group MP33 diprediksi bisa bertahan hingga 1,5 juta jam.

9. Crucial SSD SATA MX500 500GB

Merk SSD terbaik untuk laptop dan PC Crucial SSD SATA MX500
Merk SSD Crucial SSD SATA MX500

Selain dibekali dengan kapasitas penyimpanan mencapai 500 GB, Crucial SSD MX500 diisi oleh komponen terbaru next-gen Micron®3D NAND yang menggunakan daya seminimal mungkin untuk melakukan kinerja yang tinggi. Dengan adanya fitur dynamic write acceleration, merk SSD terbaik untuk laptop ini menghadirkan kecepatan membaca data hingga 560 MB/s dan kecepatan menulis data hingga 510 MB/s. Crucial SSD MX500 didesain dalam warna silver yang tampak elegan dan dijual 900 ribuan rupiah.

10. Seagate Firecuda 520 M2 NVME 500GB

Merk SSD terbaik untuk laptop dan PC SEAGATE FIRECUDA 520 SSD 500GB
Merk SSD SEAGATE FIRECUDA 520 SSD 500GB

Hadir dengan kapasitas 500 GB, Seagate Firecuda SSD 520 memberikan kecepatan membaca data hingga 5.000 MB/s dan kecepatan menulis data hingga 2.500 MB/s. Kecepatan yang setinggi itu menjadikan FireCuda SSD sebagai merk SSD terbaik untuk laptop yang digunakan bermain game level profesional, profesional kreatif, maupun penggemar PC. Meski ditujukan untk kinerrja tinggi, produk ini hanya memerlukan daya rata-rata 4,7 watt saja. Dijual dengan harga 1,4 jutaan rupiah, Seagate Firecuda SSD 520 diperkirakan mempunyai masa pakai hingga 1,8 juta jam.

Kelebihan dan Kekurangan SSD

Salah satu alasan utama yang membuat SSD lebih dipilih dibandingkan HDD adalah kecepatan transfer datanya jauh lebih baik. Berikut selengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan SSD, termasuk merk SSD terbaik untuk laptop yang telah dibahas.

Kelebihan SSD

  • Menawarkan performa yang lebih cepat. Sebagai contoh, merk SSD terbaik untuk laptop tipe SATA 2,5 inci memiliki kecepatan baca dan tulis data di kisaran 400 sampai 500-an Mbps, sedangkan kecepatan baca tulis HDD biasanya hanya berkisar di angka 150-an Mbps. Terlebih lagi kalau untuk SSD NVMe PCIe x4, kecepatannya bisa mencapai 3.000 sampai 4.000-an Mbps. Dengan angka yang sebesar itu, proses membuka program dan booting akan berlangsung jauh lebih cepat.
  • Tidak berisik karena tidak menggunakan piringan yang berputar seperti pada HDD.
  • Menawarkan konsumsi daya yang lebih hemat karena tidak memiliki komponen yang bergerak seperti pada HDD.
  • Lebih minim kerusakan, karena SSD menggunakan flash memory sehingga masa pakainya bisa mencapai jutaan jam.

Kekurangan SSD

  • Harganya lebih mahal karena menggunakan teknologi yang lebih baru dan lebih bagus. Sebagai contoh, HDD berkapasitas 1 TB dijual dengan harga sekitar 600-700 ribuan rupiah saja. Sedangkan untuk harga yang sama, SSD yang diperoleh baru berkapasitas 256 GB saja. Kalau mau membeli SSD berkapasitas 1 TB, Anda harus membelinya dengan harga 2-3 jutaan rupiah.
  • SSD tidak menawarkan kapasitas yang besar dengan rentang harga yang sama, sehingga banyak orang lebih memilih HDD berkapasitas besar atau penyimpanan eksternal untuk melakukan back up
  • Memiliki batas usia yang biasanya dihitung berdasarkan satuan Terabytes Written. Jadi setiap kali memproses data, SSD akan terus mengalami penurunan kemampuan yang mengakibatkan kerusakan SSD ketika mencapai TBW. Berbeda dengan HDD yang tidak dibatasi olehh masa pakai, dan bisa mengalami kerusakan kalau terjadi benturan atau rusaknya piringan. Sepanjang dirawat dengan baik, maka HDD bisa bertahan sangat lama.

Kesimpulan

SSD atau Solid State Drive merupakan tempat penyimpanan berteknologi baru yang mulai banyak digunakan pada laptop dan PC untuk menggantikan HDD. Salah satu keunggulan dari SSD adalah bisa membaca data lebih cepat dibandingkan HDD, jadi proses booting dan jalannya program laptop juga lebih cepat. Pada artikel ini sudah dibahas mengenai cara memilih dan merk SSD terbaik untuk laptop, serta kelebihan dan kekurangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.