Review 10 Rekomendasi Merk Tepung Terigu Protein Sedang (Terbaru 2022)

Khuyenmaijanus.com – Tepung terigu terbagi menjadi tiga jenis, yakni tepung protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah. Dari ketiganya, tepung terigu protein sedang bisa dibilang sebagai tepung terigu yang serbaguna, karena bisa dipakai untuk mengolah berbagai makanan ringan, seperti martabak, gorengan, kue kering, maupun kue basah. Artikel ini akan membahas mengenai cara memilih, rekomendasi tepung terigu protein sedang, dan cara menyimpannya dengan baik.

Perbedaan Tepung Terigu Protein Sedang, Tinggi, dan Rendah

Pada dasarnya, tepung terigu terdiri dari karbohidrat atau yang dikenal dengan nama pati dan protein yang membentuk gluten. Tepung terigu protein sedang sering disebut sebagai tepung yang serba guna dan terbuat dari campuran tepung terigu protein tinggi dan rendah. Kandungan protein pada tepung terigu jenis ini berkisar antara 10,5% hingga 12%.

Tepung Terigu dengan Protein Sedang
Gambar Ilustrasi Tepung Terigu / freepik.com

Tepung terigu protein sedang bisa dijadikan berbagai makanan ringan, baik makanan basah atau kering, seperti kue kering, martabak, gorengan, waffle, lapis legit, donat, dan brownies. Beberapa jenis kue tradisional, seperti pukis, klepon, dan bolu kukus, juga bisa dibuat menggunakan tepung terigu protein sedang. Oleh karena itu, tepung terigu jenis ini disebut sebagai tepung terigu serba guna.

Berbeda dengan tepung terigu protein sedang, tepung terigu protein tinggi memiliki kadar protein sekitar 12% hingga 14%. Ketika digunakan untuk membuat makanan, tepung ini akan menghasilkan tekstur yang kenyal, mengembang, dan bervolume, sehingga lebih cocok digunakan untuk membuat roti dan mie. Tepung terigu protein tinggi kurang cocok dijadikan sebagai bahan untuk membuat kue kering.

Sebaliknya, tepung terigu protein rendah memiliki kadar protein hanya sekitar 8% hingga 11%. Dibandingkan dengan tepung terigu protein sedang dan tinggi, daya serap air dan gula dari tepung jenis ini kurang maksimal. Hal tersebut membuat tepung terigu jenis ini cocok diolah menjadi berbagai jenis makanan renyah, seperti kue kering, kacang telur, dan aneka cookies.

Cara Memilih Tepung Terigu Protein Sedang

Tepung terigu protein sedang sebenarnya dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal di pasaran per kilogramnya. Supaya bisa memperoleh tepung terigu serbaguna berkualitas baik di pasaran, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1. Mengecek warna tepung terigu

Berbagai jenis tepung tampak berwarna serupa, yaitu putih dan hal ini bisa saja menimbulkan kesalahan memilih tepung jika membeli tepung kiloan atau tidak mengecek kemasannya dengan baik. Namun tetap ada perbedaan dari warna tepung tersebut meski tidak terlalu mencolok, misalnya tepung beras ketan berwarna putih gading dan tepung beras berwarna putih agak bening. Sedangkan untuk tepung terigu protein sedang, warnanya akan tampak putih pucat atau putih kekuningan.

Selain itu, pastikan tepung terigu protein sedang yang dipilih tidak tampak kusam karena itu menandakan jika kualitas tepung terigu sudah menurun. Kalau Anda membeli tepung terigu yang kualitasnya kurang baik, tentu akan membuat makanan yang diolah dengan tepung itu menjadi kurang maksimal dan kurang bagus juga, misalnya bantat, alot, dan tidak lembut.

BACA  Review 10 Rekomendasi Merk Kopi Hitam Tanpa Gula Terbaik (Terbaru 2022)

2. Memilih tepung yang tidak menggumpal dan berbau

Tekstur tepung tepung terigu protein sedang juga akan berpengaruh pada hasil makanan yang dibuat. Cara untuk mengecek tekstur tepung adalah dengan menggenggam sejumput ketika membelinya. Tepung terigu yang masih layak dikonsumsi mempunyai tekstur yang halus dan menempel di tangan. Kalau teksturnya sudah menggumpal, itu menandakan tepung terigu sudah tersimpan terlalu lama dan menjadi kurang layak dikonsumsi.

Selain tekstur, bau tepung terigu protein sedang yang dibeli juga perlu diperhatikan. Hindari memilih tepung terigu yang beraroma apek karena kemungkinan sudah tercemar jamur atau mikroorganisme lain. Tepung terigu juga harus bebas dari kutu untuk memastikannya tetap layak dikonsumsi.

3. Mempertimbangkan fortifikasi pangan

Fortifikasi merupakan penambahan zat gizi mikro ke dalam bahan pangan, termasuk tepung terigu protein sedang, yang bertujuan untuk mengembalikan zat gizi yang hilang ketika proses pengolahan makanan.

Proses  ini juga bertujuan untuk memperkaya kandungan nutrisi pada tepung terigu tersebut. Beberapa zat yang biasa ditambahkan pada tepung terigu adalah zat besi, zink atau seng, asam folat, serta vitamin B1 dan B2. Fortifikasi pangan biasanya ditandai dengan adanya label “difortifikasi” atau sejenisnya pada kemasan tepung terigu.

10 Rekomendasi Tepung Terigu Protein Sedang

Tidak sulit mencari tepung terigu protein sedang di pasaran dan biasanya dijual dengan harga sekitar 10 ribuan hingga 20 ribuan rupiah per kilogram. Berikut khuyenmaijanus bahas rekomendasi beberapa merk tepung terigu protein sedang yang terpercaya dan kualitasnya bagus.

1. Bogasari Segitiga Biru Premium

Merk Tepung Terigu Protein Sedang Harga Murah - Bogasari Segitiga Biru Premium
Tepung Terigu Merk Bogasari – Segitiga Biru Premium

Merk tepung terigu protein sedang Segitiga Biru sudah eksis untuk waktu yang lama dan dikenal bisa digunakan untuk membuat segala jenis makanan, misalnya pound cake, brownies, martabak, pastel, risoles, kroket, muffin, dan aneka jajanan pasar. Selain kandungan utama karbohidrat, tepung terigu segitiga biru juga mengandung tambahan vitamin A, B3, dan D3 karena dibuat dari bulir gandum pilihan berkualitas bagus.

Jika digunakan untuk membuat pound cake, maka kue itu bisa mengembang sempurna dengan crumb yang lembut. Begitu pula jika digunakan untuk membuat martabak manis, maka akan dihasilkan matabak yang mengembang sempurna, lembut, bersarang, dan tidak cepat keras. Bogasari Segitiga Biru Premium dikemas dalam plastik bening dan dijual dengan harga 13 ribuan rupiah per 1 kg.

2. Bungasari Bola Salju Tepung Terigu Premium

Merk Tepung Terigu Protein Sedang Harga Murah - Bungasari Bola Salju Tepung Terigu Premium
Tepung Terigu Merk Bungasari – Bola Salju Tepung Terigu Premium

Bungasari Bola Salju Tepung Terigu Premium terbuat dari bahan utama gandum yang diformulasikan sebagai tepung terigu protein sedang dengan kadar protein sekitar 11.5%. Produk ini juga mengandung moisture 14%, wet gluten 28%, water abs 62%, dan ash hanya 0.55%.

Anda bisa menggunakan Tepung Terigu Bola Salju dari Bungasari ini untuk banyak jenis olahan, seperti kue, brownies, donat, bolu kukus, gorengan, pukis, waffle, martabak manis, hingga pancake. Tepung terigu protein sedang ini bisa dibeli langsung di toko online resmi Bungasari dengan harga 11 ribuan rupiah saja per 1 kg.

3. Wilmar Sania Tepung Terigu 1 kg

Merk Tepung Terigu Protein Sedang Harga Murah - Wilmar Sania Tepung Terigu
Tepung Terigu Merk Sania – Wilmar Sania Tepung Terigu

Wilmar Sania Tepung Terigu mempunyai tekstur yang sudah lembut dan halus, sehingga tidak perlu diayak berkali-kali saat akan digunakan untuk membuat kue atau jajanan pasar. Selain untuk membuat kue basah, seperti brownies, bakpao, donat, martabak, dan bolu, tepung terigu protein sedang ini juga cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Sania Tepung Terigu juga bisa dicoba untuk membuat mie yang bertekstur kenyal dan tidak mudah putus, meski kadar proteinnya kurang dari 14%. Tepung terigu protein sedang ini dikemas dalam plastik berwarna putih dan bisa dibeli dengan mudah di berbagai toko makanan, baik online maupun secara langsung. Sania Tepung Terigu dijual dengan harga 12 ribuan rupiah.

BACA  Review 10 Rekomendasi Merk Frozen Food Terbaik & Terlaris (Terbaru 2022)

4. Mila Tepung Serbaguna

Merk Tepung Terigu Protein Sedang Harga Murah - MILA Tepung Serbaguna 1KG
Tepung Terigu Merk MILA – Tepung Serbaguna 1KG

Terbuat dari bahan utama gandum yang berkualitas tinggi, tepung terigu protein sedang dari Mila ini mempunyai kadar protein sekitar 11%. Mila Tepung Serbaguna mempunyai butiran yang sangat halus sehingga cocok dijadikan sebagai bahan aneka makanan, seperti cake, martabak manis, bolu, pancake, brownies, muffin, dan donat.

Mila Tepung Serbaguna ini sudah difortifikasi dengan tambahan zat besi, seng, vitamin B1, vitamin B2, dan asam folat. Dikemas dalam kemasan plastik putih, tepung terigu protein sedang ini dijual 13 ribuan rupiah saja per kilogram.

5. Interflour Kompas Tepung Terigu Premium

Merk Tepung Terigu Protein Sedang Harga Murah - Kompas Tepung Terigu Interflour Premium
Tepung Terigu Merk Kompas – Tepung Terigu Interflour Premium

Kalau Anda mencari tepung terigu protein sedang berkualitas premium, Kompas Tepung Terigu Serbaguna bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan kadar protein sekitar 10,5%, produk ini lebih direkomendasikan untuk membuat kue kering karena akan menghasilkan tekstur yang renyah atau cake yang bertekstur lembut.

Akan tetapi, Interflour Kompas Tepung Terigu Premium kurang maksimal dalam menyerap air, jadi kurang cocok dijadikan untuk bahan roti. Ketika digunakan untuk membuat roti, tepung terigu protein sedang ini bisa menyebabkan tingkat kelembapan roti mencapai 14,2% dan membuat roti lebih mudah berjamur. Interflour Kompas Tepung Terigu juga dikemas dalam plastik putih dan harganya hanya 10 ribuan rupiah per 1 kg.

6. Sriboga Tepung Terigu Double Zero

Merk Tepung Terigu Protein Sedang Harga Murah - Sriboga Tepung Terigu Double Zero
Tepung Terigu Merk Sriboga – Tepung Terigu Double Zero

Sriboga Tepung Terigu Double Zero merupakan tepung terigu protein sedang yang terinspirasi dari tepung Italia Doppie Zero. Produk ini menjadi pilihan yang tepat untuk membuat olahan khas Eropa, seperti pizza, pasta, focaccia, ciabatta, biskuit, cookies, donat, dan berbagai roti ala Eropa lainnya.

​Sriboga Double Zero dibuat melalui proses yang ketat dengan mengekstrak semolina paling murni dari pusat kernel terigu terpilih, kemudian diayak untuk memisahkan tepung yang kurang layak konsumsi dari tepung layak konsumsi. Proses tersebut menciptakan tepung terigu protein sedang yang berwarna putih cerah dan bertekstur halus. Sriboga Tepung Terigu Double Zero dikemas dalam plastik berwarna ungu yang tampak elegan dan dijual dengan harga 15 ribuan rupiah per 1 kg.

7. Falcon Tepung Terigu

Merk Tepung Terigu Protein Sedang Harga Murah- Falcon Tepung Terigu
Tepung Terigu Merk Falcon – Tepung Terigu

Kadar protein pada Tepung Terigu Falcon Serbaguna sekitar 8%–11% dan sudah memperoleh sertifikasi halal dari MUI. Tepung terigu protein sedang ini akan memberikan tekstur yang lembut dan mengembang pada olahan yang dibuat, jadi cocok digunakan untuk membuat kue bolu, martabak, cakwe, lapis legit, waffle, bolu kukus, dan cake.

Falcon Tepung Terigu Serbaguna juga cocok digunakan untuk membuat makanan sehari-hari, seperti gorengan. Tepung terigu protein sedang ini dijual dengan harga 9.000-an rupiah saja per 1 kg, sehingga menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis catering atau restoran.

8. Bungasari Jawara Tepung Terigu Ekonomis

Merk Tepung Terigu Protein Sedang Harga Murah - Bungasari Jawara Tepung Terigu
Tepung Terigu Merk Bungasari – Jawara Tepung Terigu

Dengan kandungan protein yang hanya 11%, JAWARA Tepung Terigu lebih cocok digunakan untuk membuat berbagai makanan ringan dan jajanan yang bertekstur renyah. Selain protein, tepung terigu protein sedang ini juga mengandung moisture 14%, wet gluten 27%, ash 0.65%, dan water abs 58%.

BACA  Review 10 Rekomendasi Merk Susu Evaporasi Terbaik (Terbaru 2022)

Proses produksi tepung terigu protein sedang ini telah berstandar SNI dan sudah memperoleh sertifikasi halal dari MUI, jadi keamanan dan kehalalannya sudah terjamin. Bungasari Jawara Tepung Terigu bisa dibeli langsung di toko online resmi Bungasari dan harganya  10 ribuan rupiah.

9. Bungasari Bola Merah Tepung Terigu

Merk Tepung Terigu Protein Sedang Harga Murah - Bungasari Bola Merah Tepung Terigu
Tepung Terigu Merk Bungasari Bola Merah –  Tepung Terigu

Bola Merah Tepung Terigu merupakan produk tepung terigu protein sedang lainnya dari Bungasari yang cocok sebagai bahan adonan kue kering, kue basah, gorengan, dan berbagai jajanan pasar lain. Dengan kandungan protein yang hanya 11%, moisture 14%,  dan wet gluten 27%, tepung terigu satu ini akan memberikan tekstur yang lembut dan membuat adonan mengembang sempurna.

Tepung terigu protein sedang ini sangat mudah dilarutkan dalam air, sehingga akan relatif cepat ketika dijadikan sebagai adonan makanan tertentu. Bola Merah Tepung Terigu diijual dengan harga terjangkau, hanya 10 ribuan rupiah per 1 kg.

10. Tulip Tepung Terigu

Merk Tepung Terigu Protein Sedang Harga Murah - Tulip Tepung Terigu
Tepung Terigu Merk Tulip – Tepung Terigu

Tulip Tepung Terigu yang diproduksi oleh Wilmar ini mempunyai tekstur yang sangat halus dan tidak menggumpal ketika dilarutkan dalam air. Meski termasuk produk tepung terigu protein sedang yang baru di pasaran, kualitasnya tidak perlu diragunan untuk membuat berbagai jajanan pasar dan gorengan.

Tulip Tepung Terigu dibuat menggunakan bahan alami dengan melalui proses penggilingan yang diawasi dengan ketat. Tepung terigu protein sedang ini bisa dibeli secara online di berbagai e-commerce dan harganya hanya sekitar 10 ribuan rupiah untuk kemasan 1 kg.

Cara Menyimpan Tepung Terigu yang Baik

Tepung terigu protein sedang memang termasuk bahan kering, namun tetap harus disimpan dengan benar supaya tahan untuk waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara yang benar untuk menyimpan tepung terigu.

Pertama, simpan di tempat kering dan hindari dari terkena air saat di penyimpanan. Air yang mengenai tepung saat di penyimpanan akan membuat tepung terigu protein sedang menggumpal atau bahkan berjamur, sehingga menurunkan kualitasnya. Begitu juga saat menyendok tepung, pastikan gunakan sendok kering supaya tepung tidak mejadi lembap.

Kedua, tempelkan label pada wadah tepung terigu protein sedang dan isi dengan tulisan terkait tanggal mulai menyimpan tepung tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui berapa lama tepung sudah disimpan dan menghindarkan Anda menggunakan tepung kadaluarsa.

Ketiga, tidak mencampurkan tepung baru dan tepung lama karena kualitasnya pasti berbeda, baik dari segi rasa, tekstur, dan kegunaannya. Jauhkan juga tepung terigu protein dari makanan yang berbau tajam, misalnya buah durian, bawang, atau daging. Aroma tersebut bisa diserap oleh tepung sehingga membuatnya beraroma kurang sedap.

Keempat, simpan tepung terigu protein sedang di dalam kulkas atau freezer supaya lebih awet, bahkan bisa sampai enam bulan hingga dua tahun lamanya. Letakkan tepung tersebut dalam penyimpanan yang kedap air dan udara untuk menghindarkannya dari air atau aroma makanan lain.

Apabila tidak memiliki kulkas, simpan tepung terigu protein sedang dalam rak atau tempat kering, sejuk, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jangan lupa untuk rutin membersihkan atau menyemprotkan disinfektan pada tempat tersebut supaya terhindar dari serangga.

Perlu diketahui bahwa menyimpan tepung terigu protein sedang di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung bisa menurunkan kualitas tepung. Penurunan kualitas yang dimaksud adalah tepung jadi lebih mudah menggumpal dan lebih mudah basi karena jamur yang tumbuh subur di dalam tepung.

Kesimpulan

Ada tiga macam tepung terigu di pasaran, yaitu tepung terigu protein tinggi, sedang, dan rendah. Tepung terigu protein sedang terbuat dari campuran tepung terigu protein tinggi dan rendah dengan kadar protein sekitar 8% – 11%. Tepung terigu jenis ini cocok digunakan untuk membuat beragam makanan, baik kering maupun basah, sehingga sering disebut sebagai tepung terigu yang cukup serba guna. Pada artikel ini sudah dibahas mengenai perbedaan ketiga jenis tepung terigu, cara memilih dan rekomendasi berbagai merk tepung terigu protein sedang, serta cara menyimpan tepung terigu supaya tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.