Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir

Khuyenmaijanus.comPenantian panjang hampir 5 tahun pengembangan akhirnya berakhir. Gamer akhirnya bisa melanjutkan petualangan baru Aloy di game Horizon: Forbidden West setelah game pertamanya memiliki ending yang “geregetan” dan memunculkan banyak pertanyaan. Masih banyak misteri yang belum diketahui Aloy mengenai dunia post-apocalypse yang penuh dengan robot-robot mesin ini.

Game Horizon: Forbidden West akan mengungkap banyak hal mengenai after effect setelah insiden game pertama. Terlebih dimana Aloy menjadi orang yang berperan penting sebagai penentu takdir dunia dalam usahanya menyelamatkan seluruh makhluk hidup.

Pada kesempatan kali ini, Gamebrott mendapatkan kesempatan untuk mencoba game Horizon: Forbidden West. Kami akan memberikan review atau ulasan mengenai Horizon: Forbidden West, mulai dari premis cerita, gameplay, grafis dan apa saja konten-konten baru yang ada di game sekuel ini berdasarkan pendapat pribadi penulis.

Inilah review game Horizon: Forbidden West!

Lebih Banyak Misteri dan Usaha Aloy dalam Menyelamatkan Dunia

Horizon Forbidden West Wallpaper
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 16

Horizon: Forbidden West dimulai beberapa bulan setelah insiden Horizon Zero Dawn. Setelah menyelamatkan dunia dari ancaman berbahaya di game pertamanya, ternyata Aloy masih belum bisa tenang dan merayakan kemenangan tersebut. Dunia mulai terancam dengan keberadaan semacam kontaminasi bernama Red Blight.

Red Blight tersebut dapat membunuh makhluk hidup secara perlahan dan berpotensi merusak ekosistem dan mampu membunuh makhluk hidup disekitarnya. Kontaminasi ini berpotensi menjadi masalah besar kedepannya bagi kelangsungan hidup manusia.

Aloy berusaha mencari petunjuk dari peninggalan masa lalu untuk menyelamatkan dunia. Namun apa yang ditemukan Aloy jauh lebih rumit dari yang dia bayangkan.

Dengan premis seperti itu, pemain akan mendapatkan banyak sekali misteri baru dan misteri lama yang masih terus menghantui Aloy. Ditambah dengan pemain akan berpetualang di daerah baru yang belum pernah kalian telusuri sebelumnya, yaitu daerah Forbidden West.

Bagi kalian yang sudah pernah memainkan game Horizon Zero Dawn sebelumnya, misteri yang ada di game sekuel ini akan menjadi salah satu daya tarik. Apalagi setelah kalian melihat ending game pertamanya yang bikin “geregetan”.

Dan bagi pemain baru yang belum memainkan game pertamnya tidak perlu khawatir. Itu karena game ini akan menceritakan secara singkat, padat dan jelas mengenai insiden game pertama di chapter Prologue Horizon: Forbidden West. Hal ini membuat kalian bisa memahami secara garis besar apa yang terjadi sebelumnya.

BACA  Captain Tsubasa - Rise of New Champions: Kapten Kita Datang!

Namun menurut penulis, kalian sangat dianjurkan untuk memainkan game Horizon Zero Dawn agar bisa merasakan langsung petualangan luar biasa beserta informasi lebih detil dari apa yang telah dilalui oleh Aloy pada game tersebut.

Horizon: Forbidden West Menghadirkan Dunia yang Sangat Luas dan Dipenuhi Banyak Quest

Horizon Forbidden West Map
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 17

Masih sama seperti game prekuel, Horizon: Forbidden West menghadirkan open world yang sangat luas bahkan bisa melebihi game sebelumnya. Pada awal game, kalian akan menelusuri sebagian daerah yang sudah kalian kenali di game pertamanya. Lalu setelah seiring cerita berjalan, kalian akan memulai petualangan baru di Forbidden West.

Horizon Forbidden West Firegleam
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 18

Area Forbidden West memiliki banyak hal yang bisa kalian telusuri, mulai dari sarang robot mesin yang berkeliaran sebagai tempat farming material, ancient ruins, area perkemahan dan masih banyak lagi. Beberapa area ada yang perlu dibuka dengan menggunakan item penting yang bisa kalian dapatkan lewat main story dalam game.

Dari awal bermain hingga memasuki area Forbidden West untuk pertama kali, penulis terlalu sibuk menelusuri banyak hal yang ditemukan di dalam game. Banyaknya side quest menjadi poin plus pada game ini karena kalian tidak akan bisa berhenti karena keasyikan menyelesaikannya. Terlebih bagi kalian yang ingin game yang dipenuhi banyak rahasia yang bisa ditemukan di game open world seperti Horizon: Forbidden West

Namun saking banyaknya yang harus ditelusuri di dunia Horizon: Forbidden West, terkadang bisa membuat jenuh pemain. Tidak hanya di game Horizon saja, hal ini juga berlaku terhadap kebanyakan game yang menghadirkan fitur open world.

Horizon Forbidden West Review 4
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 19

Setidaknya setiap eksplorasi yang kalian lakukan bisa mendapatkan item-item material yang bisa dijual ataupun digunakan untuk upgrade senjata dan armor Aloy. Tidak lupa juga kalian akan mendapatkan Experience (Exp) untuk menaikkan level Aloy agar bisa melakukan upgrade skill yang dia miliki.

Fitur Eksplorasi yang Lebih Bebas dan Memuaskan

Berbicara mengenai open world, Horizon: Forbidden West menghadirkan fitur peningkatan yang dapat menambah keseruan bermain. Tidak hanya dari segi luas open world ataupun jumlah Quest, developer Guerilla Games juga meningkatkan fitur dalam eksplorasi yang dimiliki oleh Aloy.

Horizon Forbidden West Pullcaster
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 20

Salah satu fitur terbarunya adalah Pullcaster. Alat ini sangat berguna dalam mencapai suatu benda yang jaraknya tidak bisa dijangkau oleh Aloy. Kalian bisa menarik sesuatu untuk membuka jalan, mengambil harta karun ataupun menggapai sesuatu untuk menjangkau tebing dan lainnya. Alat ini mirip seperti Grappling Hook yang ada di Sekiro: Shadows Die Twice, tapi dengan fungsi yang lebih fleksibel.

Horizon Forbidden West Shieldwing
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 21

Kemudian ada alat bernama Shieldwing yang sangat membantu Aloy dalam eksplorasi. Dengan Shieldwing, kalian bisa terjun terjun bebas dari ketinggian dan mendarat lebih aman dengan melakukan Gliding. Alat ini memiliki fungsi yang sama seperti Paraglider yang ada di The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Horizon Forbidden West Review 16
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 22

Dan yang terakhir adalah sistem Climbing yang kini lebih bebas dari game sebelumnya. Developer Guerilla Games benar-benar memberikan peningkatan pada sistem Climbing dimana Aloy jauh lebih fleksibel untuk menaiki sebuah bukit, platform dan lainnya yang bisa dipanjat.

BACA  Mass Effect Andromeda: Katanya Sih Nggak Bagus, Emang Iya?

Kalian akan menemukan dengan mudah bagian-bagian yang bisa dipanjat dengan lebih mudah di berbagai tempat. Ditambah dengan alat Pullcaster dan Shieldwing, eksplorasi di game Horizon: Forbidden West akan lebih seru dari game sebelumnya.

Jangan lupa juga dengan eksplorasi yang ada di dalam air. Kalian akan menemukan area yang mengharuskan kalian untuk menyelam ke dalam air untuk menemukan sebuah rahasia yang bisa ditemukan di sana. Namun ada juga eksplorasi di dalam air yang mengharuskan kalian menyelam hingga ke dasar.

Untuk bisa menyelam ke dasar, Aloy membutuhkan sebuah alat khusus untuk bisa bisa menyelam ke dalam air lebih jauh lagi tanpa khawatir kehabisan udara.

Sistem Pertarungan yang Lebih Fleksibel

Horizon Forbidden West Review 5
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 23

Belajar dari game sebelumnya, developer Guerilla Games berhasil meningkatkan fitur-fitur gameplay yang ada di Horizon: Forbidden West, terlebih pada fitur combat atau pertarungan menghadapi musuh.

Sebelumnya banyak gamer yang kurang menyukai gameplay dalam segi melee combat. Itu karena sistem pertarungan di Horizon Zero Dawn disebut-sebut terlalu menitik beratkan pada range combat. Apalagi pada musuh manusia yang terlalu sering menyerang dari jarak jauh ketimbang menyerang langsung secara dekat.

Horizon Forbidden West Review 10
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 24

Melee combat pada Horizon: Forbidden West lebih memuaskan pada game ini. Pace gameplay antara melee dan range combat pun dikembangkan dengan baik oleh developer Guerilla. Kalian bisa melakukan bermacam-macam combo serangan sambil membaca gerakan para monster robot maupun menghadapi manusia.

Berbicara mengenai robot, Horizon: Forbidden West menghadirkan banyak daftar robot-robot baru yang belum pernah kalian temukan sebelumnya. Robot-robot tersebut memiliki keunikannya sendiri, mulai dari pola serangan dan juga kelemahan yang mereka miliki.

Horizon Forbidden West Skill Tree
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 25

Untuk sistem combat, sistem skill tree dalam bertarung pun dikembangkan dengan baik. Dari skill tree tersebut, kalian bisa membuka berbagai kemampuan penting yang terbagi menjadi 6 macam, yaitu Warrior, Trapper, Hunter, Survivor, Infiltrator dan Machine Master. Masing-masing skill tersebut akan sangat berguna bagi kalian untuk menentukan gaya bertarung seperti apa yang diinginkan.

Dengan peningkatan yang ada pada Aloy, bukan berarti Horizon: Forbidden West akan menjadi game yang mudah ketika kalian menghadapi musuh. Developer Guerilla berhasil meningkatkan cara pikir AI yang ada pada musuh, baik itu para monster robot maupun manusia. Mereka dapat menyerang satu per satu secara bergantian ataupun menyerang secara bersamaan. Hal ini menambah tantangan tersendiri yang ada pada game ini.

BACA  Review Edge of Eternity - Game Turn Based JRPG Klasik Penuh Elemen Nostalgia

Dengan fitur AI musuh yang lebih cerdas, kalian tidak bisa asal-asalan menyerang mereka begitu saja. Membaca pola serangan dan timing yang tepat untuk menyerang adalah hal yang perlu diperhatikan di game sekuel Horizon.

Grafis yang Lebih Memukau dari Sebelumnya

Horizon Forbidden West Review 9
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 26

Developer Guerilla mengatakan bahwa game ini akan menggunakan engine grafis Decima sama seperti prekuelnya. Tetapi engine tersebut merupakan versi terbaru dimana banyak peningkatan yang sudah mereka lakukan dalam beberapa tahun terakhir seiring perkembangan teknologi saat ini.

Horizon Zero Dawn dengan engine Decima mampu menghadirkan sebuah grafis yang luar biasa, mulai dari model karakter, NPC, monster robot hingga pemandangan outdoor maupun indoor. Kalian akan takjub ketika melihat grafis pada game Horizon: Forbidden West. Engine Decima versi terbaru ini yang mampu menghadirkan grafis lebih indah dan lebih banyak warna cerah yang dapat memukau pemainnya. Apalagi jika kalian memainkan game ini pada konsol PS5.

Grafis game yang ada di Horizon: Forbidden West seakan-akan menjadi salah satu elemen penting yang telah dipersiapkan oleh developer Guerilla Games.

Kesimpulan Review Horizon: Forbidden West – Game Open World yang Epik di Awal Tahun 2022

Horizon Forbidden West Review 13
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 27

Sebagai penutup, saya akan memberikan kesimpulan mengenai kesan saya dalam bermain Horizon: Forbidden West. Horizon: Forbidden West menghadirkan banyak sekali peningkatan dari game sebelumnya yang dapat menambah keseruan bermain. Developer Guerilla benar-benar telah belajar dari kekurangan game sebelumnya dan juga menerima banyak masukan dari pemain mengenai apa saja yang mereka keluhkan ketika bermain Horizon Zero Dawn. Peningkatan tersebut menjadi nilai plus menurut saya pribadi pada game ini.

Horizon Forbidden West Review
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 28

Namun sangat disayangkan, apa yang saya kurang nikmati pada game ini adalah penyajian pada dialog karakter. Dialog yang ada pada game pun terkadang kurang menarik bahkan ketika menjelaskan plot utamanya. Belum lagi dialog dari side quest NPC yang ingin sekali cepat-cepat skip pembicaraan mereka dan melanjutkan petualangan seru penuh aksi di dunia yang luas.

Horizon Forbidden West
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 29

Meskipun penyajian cerita dan dialog dari karakter penting maupun NPC terasa membosankan, setidaknya hal tersebut telah banyak tertutupi dengan keseruan fitur gameplay, open world yang luas dan grafis memukau. Horizon: Forbidden West menjadi sebuah game open world epik di awal tahun 2022 bagi penulis. Terlebih buat kalian penggemar seri Horizon ataupun penikmat game ber-genre open world.

Dari review Horizon: Forbidden West ini, apakah kalian tertarik memainkan game ini ataupun memulai petualangan baru dari game pertamanya? Horizon: Forbidden West akan rilis pada 18 Februari 2022 untuk platform PS4 dan PS5.

Leave a Reply

Your email address will not be published.