Review OPPO Reno8 4G, HP Andalan Buat Memotret

review oppo reno8 4g

review1st.comOPPO beberapa waktu lalu resmi merilis Reno 8 5G dan Reno8 ke pasar Indonesia. Di meja redaksi, sudah ada salah satu unit review yang siap diulas yakni OPPO Reno 8.

Sebagai amunisi terbaru dari keluarga Reno Series, HP OPPO ini mengusung berbagai kelebihan yang ditujukan untuk bersaing di segmen menengah atas terutama dari segi harga dan spesifikasi.

OPPO mengklaim jika keluarga baru dari Reno Series ini berhasil mendapatkan respons yang sangat positif dari konsumen. Berkat desain, performa dan kualitas kameranya.

Namun, untuk membuktikannya, kami akan membongkar dan menguji berbagai aspek yang disuguhkan unit review OPPO Reno8 di meja redaksi.

Review OPPO Reno8 4G

Membawa tagline ‘The Portrait Expert’, sudah jelas jika seri ini mencoba menjadi jawaban atas kebutuhan konsumen Indonesia, khususnya yang tertarik akan keunggulan kamera untuk fotografi.

Seperti biasa, kami bongkar dulu isi dalam kotak penjualan smartphone. Saat membuka tutup kotak penjualan, kami menemukan satu unit OPPO Reno8 terbalut warna Shimmer Black.

Setelah mengeluarkan semuanya dari kotak penjualan, kami menemukan adapter 33W SuperVOOC, kabel USB type-C, buku panduan, kartu garansi serta sim ejector dan sebuah soft case.

Review OPPO Reno8 4G, HP Andalan Buat Memotret

Rancangan Bodi

Impresi pertama soal desain eksterior OPPO Reno8 ini cukup bagus. Menurut kami tampilannya sangat atraktif dengan material yang terlihat premium. Dengan punch hole di sudut kiri atas panel sentuh.

Unit review OPPO Reno8 4G mengusung desain OPPO Glow. Jadi seri ini punya panel belakang dengan lapisan yang menciptakan efek berkilau. Dirancang tipis, namun permukaannya agak licin.

Di bodi belakang ini disematkan modul kamera kotak yang pada bagian MicroLens-nya dipasangi cahaya Orbit Light mengelilingi lensa MicroLens. Bisa membantu pemotretan pada mode mikro dan sebagai indikator notifikasi.

BACA  Review 10 Rekomendasi Merk SSD Terbaik untuk Laptop dan PC (Terbaru 2022)

Mengenai built quality, seri ini sudah mendapat sertifikasi IP5X dan IPX4 Water Resistance. Lumayan lah, bisa bertahan dari percikan air atau guyuran hujan.

Tombol power ada di bagian sisi kanan smartphone sedangkan tombol volume disebelah kiri dekat dengan SIM tray 3 kartu. Dibawah bodi port audio 3,5mm dan USB Type-C serta lubang speaker.

Display

harga oppo reno8 4g

Dari segi layar, unit review Reno 8 4G memiliki layar berpanel AMOLED dengan bentang 6,4 inci dan sudah Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel). Refresh rate layar mencapai 90Hz, tingkat kecerahan maksimul 600 nits, kerapatan pikselnya 409 PPI.

OPPO Reno8 mengemas layar AMOLED berbentang 6,4 inci dengan dukungan 90Hz refresh rate dan touch sampling rate 180Hz (2 jari) dan 120Hz (5 jari). Ditambah dengan kedalaman warna 16,7 juta warna

Seri ini juga memiliki rasio layar 90,80% jadi layarnya cukup lega dengan bezel yang tipis. Buat nonton oke, dan jangan khawatir bagi penikmat film, karena Reno8 juga sudah memiliki sertifikasi Amazon HDR dan YouTube HD.

Kamera OPPO Reno8 4G

kelebihan dan kekurangan oppo reno8 4g

Unit review OPPO Reno8 4G ini mengusung tiga konfigurasi kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.7), kamera kedua depth sensor 2 MP (f/2.4), dan kamera makro 2 MP (f/3.3).

OPPO Reno8 4G tetap mengadopsi DNA Portrait Expert seperti pendahulunya. Banyak fitur pemotretan yang dibenamkan mulai dari Mode Malam, PRO, PANO, Potret, Ekstra HD, SLO-MO, timelapse, Microlens, stiker hingga Pemindai teks.

Fitur yang menonjol adalah Microlens yang mendukung fotografi mikro dengan dukungan Orbit Light untuk memberikan cahaya tambahan, supaya detil lebih tertangkap. Bisa melakukan perbesaran hingga 30x.

Di sektor depan, tepatnya di bagian punch hole, terdapat kamera selfie resolusi 32MP (f/2.4) dengan sensor Sony IMX709 yang menghadirkan Ultra-Sensing Selfie.

Sensor tersebut dirancang oleh OPPO dengan membawa RGBW yang menampilkan desain array piksel revolusioner, yang mana tidak ditemukan pada sensor RGGB pada umumnya.

BACA  Review Redmi Note 11 Pro: Harga Terjangkau, Spek Maksimal

Untuk urusan video, OPPO Reno8 ini mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps atau 720 pada 30fps. Juga rekam video slow motion 720p pada 120fps.

Hasil Foto:

Performa

Pada bagian dapur pacunya, perangkat ini dipersenjatai chipset besutan Qualcomm, yaitu Snapdragon 680 yang memiliki prosesor octa core dengan clockspeed hingga 2.4GHz. Dilengkapi GPU Adreno 610 untuk pengolah grafisnya.

Chipset tersebut ditandem dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB. Oh ya, Snapdragon 680 ini sudah melalui proses fabrikasi 6nm yang memungkinkan perangkat dapat berjalan secara optimal dengan daya yang lebih irit lagi.

Seri ini memiliki RAM expansion dimana kita bisa menambah kapasitas RAM hingga 5GB. Dengan fitur ini total RAM yang bisa dinikmati bisa mencapai sekitar 13 GB.

Digenjot buat game standar seperti Mobile Legends atau Free Fire tak ada masalah berarti. Buat game kualitas tinggi seperti PUBG atau COD pun masih bisa memperlihatkan performa yang baik.

Dipakai buat aktivitas multi tasking pun aman. Kita bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus merasakan perangkat ini ngadat, lag atau tersendat.

Oh ya, kita bisa memanfaatkan slot kartu memori microSD jika kapasitas memori bawaan sudah penuh. Slot microSD ini bisa dipasang dalam SIM tray yang berdampingan dengan dua nano SIM.

Baterai

kelebihan dan kekurangan oppo reno8 4g

Lalu di sektor daya, unit review OPPO Reno8 dibekali kamera berkapasitas 4.500mAH. sebenarnya jika dinaikin sedikit bakal lebih menarik. Tapi, kapasitas ini sudah lumayan besar kok.

HP OPPO terbaru ini bisa dipakai seharian untuk aktivitas standar di luar rumah atau di kantor. Tak perlu sering-sering mengecas, sudah aman dibawa kerja nine to five tanpa harus membawa charger.

Apalagi seri ini sudah mendukung teknologi pengisian daya (fast charging) SuperVOOC 33 watt. Teknologi ini sangat membantu buat kalian yang tak memiliki banyak waktu. Karena handphone bisa terisi dari nol hingga 100% hanya dalam waktu 70 menit.

BACA  Review Acer Predator Helios 300 Intel Terbaru: Laptop Gaming Istimewa

Fitur Lain

Sebagai bagian dari seri smartphone pertama yang memiliki ColorOS 12.1, OPPO Reno8 memberikan pengguna akses langsung ke sistem operasi yang lebih nyaman dan lancar dengan berbagai fitur populer seperti AI System Booster,Air Gestures, dan Adaptive Sleep.

Seri ini juga sudah dilengkapi NFC yang bisa mempermudah kita dalam mengecek saldo e-money atau juga top up menggunakan aplikasi seperti mobile BCA atau LinkAja.

Untuk keamanan tertanam sensor sidik jari di dalam layar hingga face unlock. Respon dua fitur ini sangat cepat dan bisa mengunlock kunci hanya dalam sepersekian detik.

Harga OPPO Reno8

Dibanderol dengan harga Rp 4.999.000, OPPO Reno8 4G dapat dipesan secara daring di seluruh jaringan e-commerce terkemuka Indonesia, toko luring OPPO Store, dan partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8 4G

Kehadiran OPPO Reno8 4G ini tentu jadi opsi menarik buat para pecinta smartphone. Namun, kalian harus tetap memperhatikan kekurangan dan kelebihannya sebelum memutuskan membeli.

Teknologi layar yang dibenamkan pada perangkat ini sudah cukup memuaskan dengan teknologi layar 90Hz dan 120Hz touch sampling rate. Ditambah dengan panel AMOLED yang kualitasnya tak diragukan lagi.

Kemampuan kameranya termasuk mumpuni dan layak diandalkan. Selain itu, desainnya atraktif dengan dukungan sertifikasi yang tahan percikan air serta built quality yang bagus. Poin plus juga kami tambahkan untuk kehadiran NFC dan sensor sidik jari di dalam layar.

Kekurangannya mungkin terletak pada chipset yang kurang galak di segmen harganya. Meskipun secara kualitas bagus, namun performanya relatif biasa-biasa saja. Juga speakernya ternyata belum stereo.

en harganya. Meskipun secara kualitas bagus, namun performanya relatif biasa-biasa saja. Juga speakernya ternyata belum stereo.