Review realme C30: HP Stylish Sejutaan Dengan Baterai Jumbo

review realme c30 hp sejutaan stylish baterai besar

Khuyenmaijanus.com – Kami baru saja kedatangan unit review realme C30 yang membidik segmen entry level . Generasi terbaru dari keluarga C Series ini menyapa dengan desain atraktif, stamina baterai cukup kuat dan spesifikasi yang bisa bersaing.

Bicara desain, realme C30 ini memang mencoba tampil beda di segmen harga sejutaan. Sang vendor bahkan mengklaim perangkat ini sebagai smartphone entry-level paling stylish dengan mengusung tagline ‘HP Sejutaan #PastiStylish’.

Tapi tentu saja realme tak hanya sekedar bermain di bagian eksterior. realme C30 ini juga memboyong banyak amunisi buat memanjakan konsumen sekaligus menjadi senjata bersaing dengan kompetitor sekelasnya.

Untuk lebih jelasnya, simak review realme C30 kami berikut ini!

Review realme C30

Di atas kertas, realme mencoba memberikan pilihan terbaik untuk pasar dalam berbagai aspek, termasuk desain yang dirancang serius. Tampilannya bahkan dibuat anti mainstream dengan bentuk ala ‘koper’.

kelebihan dan kekurangan realme c30

Tapi sebelum mulai mengupas segala hal tentang unit review realme C30 ini, kita unboxing terlebih dulu yuk paket penjualannya. Box yang dipakai membungkus produk masih tetap satu warna, yaitu kuning. Lalu saat dikeluarkan ini dia isinya:

  • 1 unit realme C30
  • Adaptor 5V2A
  • Kabel mikro USB
  • Jarum tusuk slot kartu SIM
  • Buku Panduan Cepat
  • Informasi Penting Produk dengan Kartu Garansi

Rancangan Bodi

Melihat desainnya sekilas saja, jujurly kami langsung mengerti kenapa realme mengklaim realme C30 sebagai HP sejutaan paling stylish. Seri ini membawa desain ala koper dengan warna atraktif.

Menyediakan 3 pilihan warna: Lake Blue, Bamboo Green dan Denim Black. Kami memegang varian berwarna biru. Tampilan eksteriornya membawa Vertical Stripe Design yang mempunyai tekstur dan garis tertata rapi di panel belakangnya.

harga dan spesifikasi realme c30

Bodinya kotak memanjang dengan built quality khas smartphone sejutaan. Tapi menurut kami, unit review realme C30 ini cukup tipis dengan ketebalan hanya 8,5mm. Material plastik polikarbonatnya cukup baik, kokoh dan presisi di pegangan meskipun bobotnya ringan.

Desain keseluruhan realme C30 dibuat dengan sudut agak menyiku dengan tampilan dan tesktur timbul. Di bodi belakang tertanam modul kamera utama dengan satu sensor ditambah lampu kilat di sisi kiri atas. Sementara di bagian depan tertanam kamera dengan konsep waterdrop display.

BACA  Review realme GT Neo 3T: HP Ngebut Dengan Charger 80W

Di ruas kiri bodinya, terdapat SIM tray yang bisa menampung dua kartu SIM dan 1 kartu microSD. Kemudian di ruas kanan terdapat tombol volume dan power yang berdampingan. Untuk sektor bawah bodi kami menemukan port audio 3,5mm, mikrofon, port micro USB dan grill speaker.

Display

realme c30

Mengantongi bentang layar 6,5 inci, sebenarnya realme C30 tengah menfasilitasi segmen entry level yang sering menikmati hiburan di smartphone. Entah menonton film atau streaming Youtube, experience di layar besar membuatnya jadi lebih imersif dan nyaman.

Apalagi unit review realme C30 ini mengusung screen-to-body ratio yang mencapai 88,7%. Buat gamers, bezel yang tak terlalu lebar memudahkan saat memegang smartphone. Juga cocok buat yang doyan browsing atau memakainya untuk kebutuhan pekerjaan ringan.

Soal tampilannya, panel sentuh berbasis IPS LCD mengandalkan resolusi HD+. Sisi baiknya, membuat konsumsi daya lebih irit meski memang detil dan ketajaman gambar biasa saja. Selain itu, ternyata area display-nya masih bisa memancarkan gambar cukup cerah dalam kondisi terik matahari.

Oh ya, HP realme sejutaan ini memiliki touch sampling rate mencapai 120Hz sehingga responsivitasnya cukup baik terhadap sentuhan. Overall, layar perangkat ini memuaskan untuk segmen harga sejutaan.

Performa

chipset unisoc T620

realme mempercayakan performa perangkat ini pada chipset Unisoc T612. Jangan salah, perusahaan pemasok dapur pacu ini merupakan empat besar di industri prosesor smartphone. Tapi tentu saja kita harus membuktikannya langsung.

Selidik punya selidik, untuk segmen bawah, Unisoc T612 octa core ini adalah produk yang sangat masuk akal. Performanya kuat tapi bisa membantu memangkas biaya produksi. Menurut kami sih win win solution buat produsen dan konsumen.

Unit review realme C30 bisa mencetak skor 224.233 pada benchmark AnTuTu. Tak heran sih karena prosesornya memiliki arsitektur octa-core 12nm dengan clock speed hingga 1,82 GHz.

Mengadopsi struktur Cortex A75 untuk performa dan Cortex A55 untuk efisiensi. di sektor pengolah grafis, SoC ini mengandalkan GPU Mali-G57. Kemudian tak ketinggalan ISP tiga inti dan tentu modem 4G.

BACA  Review 10+ Rekomendasi Laptop 8 Jutaan Terbaik (Terbaru 2022)

Saat dijajal, kinerjanya lumayan stabil dan smooth. Buat digenjot game kasual saja, tak akan terasa gangguan seperti lag atau hang. Ada sedikit penurunan performa saat multitasking tapi itu wajar.

Hal lain yang membantu kinerja perangkat lebih baik adalah pemakaian memori internal 32GB berbasis UFS 2.2. Ini adalah teknologi memori flash terbaru yang dapat memberikan kecepatan baca dan tulis data 3 kali lebih cepat daripada eMMC 5.1.

Menariknya, Sebagian besar kompetitor hanya menggunakan memori UFS 2.2 pada model kelas menengah ke atas, sementara realme menggunakannya dalam segmen harga entry-level di realme C30.

Baterai realme C30

Soal sumber daya, jangan khawatir karena unit review realme C30 ini memiliki baterai besar 5000mAh. Buat yang lebih seri di luar rumah bakal terbantu karena baterai bisa bertahan seharian tanpa perlu dicas ulang.

Tersedia juga mode Ultra Saving buat yang ingin menghemat daya perangkat lebih agresif lagi. Bahkan pada daya rendah, memungkinkan pengguna untuk mempertahankan fungsionalitas dasar dengan menjalankan enam aplikasi yang dibutuhkan pengguna.

Melalui modulasi frekuensi CPU, penyesuaian backlight, dan pengaturan lainnya, serta pengaturan penghematan daya yang ditargetkan untuk aplikasi tertentu, konsumsi daya sistem dapat dikurangi, dan masa pakai baterai ponsel dapat diperpanjang.

Ultra-Saving Mode dapat mendukung standby hingga 45,37 jam dengan daya 5%. Secara teknis, realme C30 bisa digunakan selama 1,55 jam untuk chatting melalui WhatsApp, 2,35 jam menelepon dan 4,03 jam mendengarkan Spotify hanya dengan baterai 5%.

Untuk pengisian daya, realme C30 menyediakan slot microUSB dengan dukungan charger 10W. Di sisi ini memang harus dimaklumi karena membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mengisi daya penuh kembali dari nol persen.

Kamera

kamera realme c30

realme C30 memboyong sebuah kamera utama beresolusi 8MP, f/2.0 dengan tambahan kemampuan AI dan lampu flash yang dapat menyajikan akses mudah bagi pengguna untuk mengambil gambar yang cukup baik.

Ada tambahan filter pada kamera realme C30 memudahkan penggunanya dalam berkreasi saat memotret. Untuk rekam video, perangkat ini ditunjang beberapa opsi yaitu: 1080p (30fps), 720p (30fps), 480p (30fps).

BACA  Review 10 Rekomendasi Laptop 13 Inch Terbaik (Terbaru 2022)

Sementara kamera depan dibenami dengan 5MP AI selfie camera, f/2.2 apertureserta mendukung 720p video recording. Masih cukup aman dipakai untuk keperluan foto serta video selfie.

Hasil Kamera:

hasil kamera
hasil kmaera 2
hasil kamera 3
hasil kamera 5
hasil kamera 6

Sistem Operasi

Untuk antarmuka, unit review realme C31 mengedepankan realme UI R Edition based on Android 11. Interface ini dibangun mendekati konsep Android murni. Sama seperti beberapa keluarganya yang lain di C Series.

Tampilan ikon dan animasi perangkat otomatis tak jauh berbeda dengan yang disuguhkan perangkat Android pada umumnya. Performa seperti scrolling layar hingga transisi antar menu terasa smooth dan tak ada kata tersendat. Akses aplikasi hingga eksekusi pun relatif memuaskan.

Kelebihan dan Kekurangan realme C30

Jika bicara smartphone kita tentu saja harus membahas kekurangan dan kelebihannya. Nah, untuk realme C30 kami akan memberikan sorotan seputar apa saja yang menonjol pada perangkat ini sekaligus beberapa minus yang harus digarisbawahi.

Kelebihan realme C30 yang paling utama tentu saja dari sisi desain yang out of the box dan atraktif. Built quality-nya pun cukup bagus untuk ukuran smarpthone sejutaan.

Selanjutnya, kami menyukai baterai dengan stamina kuat serta chipset yang bisa diandalkan. Dengan harga terjangkau kita bisa menikmati paket yang lebih dari cukup mendukung performa perangkat.

Sisi minor dari perangkat ini mungkin ada di aspek pengecasan via port micro USB yang membutuhkan waktu lama. Juga memori internal yang kami rasa perlu diperbesar. Untung saja realme menyisipkan ruang buat menambahkan microSD di SIM tray.

Harga dan Spesifikasi realme C30:

  • Layar: 6,5 inci, Rasio bodi-ke-layar: 88.7%
  • Resolusi: HD+ (1600x720p)
  • Dimensi: 164.1×75.6×8.5mm
  • Berat: 182g
  • Baterai: 5000mAh
  • RAM: 2GB
  • Memori Internal: 32GB UFS 2.2
  • Slot Memori: Ada, micro USB hingga 1TB
  • Kamera Utama: 8MP AI Camera, f/2.0 Aperture, 4X digital zoom; Video
  • 480p @30fps,720p @ 30fps, 1080p @ 30fps
  • Kamera Depan: 5MP AI selfie camera, f/2.2
  • CPU: Unisoc T612, Fabrikasi 12nm, 1.82Ghz
  • GPU: Mali G57
  • Konektivitas: Wifi 2.4Ghz,Bluetooth 5.0
  • Sistem Operasi: realme UI R Edition berbasis Android 11
  • Harga: Rp 1 jutaan