Review The Last of Us Part I Remake — Peningkatan Fitur dan Grafis yang Terasa Berbeda

Review The Last of Us Part I Remake – Gamer pasti sudah tidak asing lagi dengan game berjudul The Last of Us I (TLoU). Game action adventure buatan developer Naughty Dog ini berhasil mencuri perhatian gamer dan banyak pihak dalam dunia industri video game berkat persentasi cerita yang dibalut dengan cinematic dengan kualitas seperti perfilman ataupun TV Series populer.

Game yang dirilis pertama kali pada 14 Juni 2013 di platform PS3 ini memberikan sebuah pengalaman baru bagi gamer dimana sebuah video game tidak hanya diberikan misi lalu menyelesaikannya begitu saja, tetapi juga para Player dibawa untuk merasakan momen dalam ceritanya yang sangat kuat untuk sebuah standar video game pada masanya. Meskipun game seperti itu sudah ada sebelum TLoU hadir, namun game ini memiliki kesan tersendiri bagi gamer.

Pada 2 September 2022, developer Naughty Dog baru saja merilis game The Last of Us Part I (2022) yang disebut-sebut sebagai sebuah remake dari versi original maupun remaster. TLoU 2022 ini merupakan sebuah rebuilt dari versi sebelumnya dimana Naughty Dog memberikan peningkatan pada fitur gameplay, terlebih dalam segi grafisnya. Hal tersebut bisa dikatakan menjadi hidangan utama yang dapat dinikmati oleh gamer bagi mereka yang sudah pernah memainkan TLoU sebelumnya maupun pemain baru.

Review The Last of Us Part I Remake

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan review The Last of Us Part I Remake yang baru saja rilis pada 2 September 2022 di platform PS5. Kami mengucapkan terima kasih kepada Sony dan juga Naughty Dog yang telah memberikan kami kesempatan untuk mencoba game The Last of Us Part I Remake ini.

Review ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis ketika memainkan game-nya dari awal hingga akhir. Buat gamer yang belum pernah memainkan game ini, kalian tidak perlu khawatir. Karena review ini bersih dari spoiler mengenai isi cerita sampai bagian plot twist yang populer dikalangan pecintanya.

Mari kita mulai saja pembahasan mengenai review The Last of Us Part I Remake!

Story

Review The Last of Us Part I Remake
Tampilan Main Menu Game
(Sumber: The Last of Us™ Part I)

Masih sama seperti versi sebelumnya, The Last of Us Part I Remake menceritakan petualangan Joel bersama dengan Ellie dalam menjalankan suatu tugas di dunia paska kekacauan yang terjadi akibat penyebaran wabah jamur mutan bernama Cordyceps di Amerika Serikat 20 tahun yang lalu. Wabah tersebut menyebabkan lumpuhnya berbagai sektor hingga membuat para penduduk yang ada di sana harus bertahan hidup dari monster-monster mutasi yang terinfeksi oleh wabah jamur bahkan juga dari manusia lain yang membentuk kubu mereka sendiri dan beberapa dari mereka mulai membuat kekacauan.

Review The Last of Us Part I Remake
Kisah yang tidak boleh dilewatkan oleh gamer
(Sumber: The Last of Us™ Part I)

Game ini akan memberikan kalian petualangan Joel dan Ellie di cerita utama TLoU yang cukup panjang dan lama. Untuk versi remake ini juga turut menghadirkan cerita Left Behind yang berfokus pada petualangan Ellie bersama temannya sebelum dia bertemu dengan Joel paska terjadinya wabah di Amerika Serikat.

Review The Last of Us Part I Remake
Kalian akan menelusuri kembali petualangan Joel dan Ellie dalam cerita utama + DLC Story Left Behind
(Sumber: The Last of Us™ Part I)

Untuk pemain baru, cerita yang ada di The Last of Us Part I Remake menjadi sebuah pengalaman seru yang dapat membawa mereka mendalami setiap karakter yang ada mulai dari Joel, Ellie dan masih banyak lagi. Namun untuk pemain yang sudah memainkan game ini sebelumnya, perasaan jenuh mungkin akan muncul dibenak mereka. Namun untuk penggemar berat franchise TLoU, hal ini bukan menjadi masalah karena game buatan buatan Naughty Dog ini selalu menghadirkan sebuah cerita yang dapat membuat naik turun emosi mereka.

BACA  Review Minecraft PE (Pocket Edition) (Hadir Untuk Android dan iOS)

Gameplay

Review The Last of Us Part I Remake
Gameplay terasa lebih nyaman dari versi sebelumnya
(Sumber: The Last of Us™ Part I)

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Naughty Dog memberikan beberapa peningkatan pada fitur gameplay The Last of Us Part I Remake. Peningkatan tersebut akan mudah kalian rasakan ketika menghadapi musuh ataupun monster Clicker. Salah satunya adalah sistem aim yang kini terasa lebih halus bahkan ketika kemampuan karakter ataupun senjata kalian belum di upgrade sama sekali. Selain itu interaksi pertarungan melee juga lebih fleksibel dan hampir mendekati fleksibilitas yang ada pada TLoU 2 namun tidak menghilangkan fitur yang ada di game pertama versi sebelumnya.

Review The Last of Us Part I Remake
Melakukan Stealth Kill terasa lebih menegangkan pada saat menyerang Clicker
(Sumber: The Last of Us™ Part I)

Selain dari fitur gameplay dalam menghadapi lawan, masih ada lagi peningkatan yang telah dilakukan oleh developer dalam game ini yang tidak bisa saya jelaskan satu per satu. Kalian bisa rasakan sendiri pengalamannya ketika memainkan game The Last of Us Part I Remake. Bisa dikatakan fitur gameplay yang ada di game ini adalah hasil pengembangan teknologi milik Naughty Dog yang ada di game The Last of Us Part 2. Jadi pihak developer memberikan peningkatan terbaik mereka dari segi gameplay pada game untuk pemain baru ataupun pemain lama.

Namun yang sangat disayangkan pada game ini, sistem cover yang sedikit mengganggu bagi saya. Jika pada umumnya game dengan sistem cover dibalik dinding ataupun tumpukan, game akan menyediakan fitur tombol seperti X ataupun lainnya untuk bisa melakukan cover secara total menghindari pandangan musuh. Namun di game ini, sistem cover hanya sebatas kalian menggerakkan karakter pada dinding ataupun tumpukan. Hal ini kadang-kadang membuat saya merasa tidak nyaman dan ragu apakah karakter sudah benar-benar sembunyi atau hanya sebatas melakukan Crouch di balik dinding ataupun tumpukan.

Graphic

Review The Last of Us Part I Remake
Dari segi grafis, game The Last of Us Part I Remake tidak perlu ditanyakan lagi
(Sumber: The Last of Us™ Part I)

Berbicara mengenai graphic The Last of Us Part I Remake, saya rasa tidak perlu diragukan lagi. The Last of Us Part I Remake menghadirkan peningkatan graphic atau grafis yang luar biasa, mulai dari pemandangan lokasi, gedung, platform bahkan sampai model karakter yang ada di game ini mengalami peningkatan agar terlihat lebih realistis.

BACA  Resident Evil 2 Remake: Digarap Kembali dengan Sangat Serius

Selain itu, adan mode bernama Fidelity Mode yang dikembangkan oleh Naughty Dog memberikan peningkatan kualitas grafis yang mampu direalisasikan pada konsol PS5.

Review The Last of Us Part I Remake
Ada opsi Fitur Fidelity Mode dan Performance Mode yang bisa kalian pilih untuk memilih kualitas grafis ketika bermain
(Sumber: The Last of Us™ Part I)

Mode tersebut dapat menghasilkan kualitas grafis yang tinggi pada resolusi 4K dengan performa 30 FPS. Selain Fidelity Mode, ada juga Performance Mode yang lebih berfokus pada performa permainan yang mampu menghasilkan framerate mencapai 60 FPS dengan kualitas resolusi yang seimbang. Dengan kedua fitur tersebut, kalian bisa memilih sendiri kualitas game yang diinginkan.

Review The Last of Us Part I Remake
Tampilan Fidelity Mode berfokus pada kualitas grafis tinggi dalam game
(Sumber: The Last of Us™ Part I)

Dengan pemandangan grafis luar biasa ini, fitur Photo Mode pun telah ditingkatkan jiuga sedemikian rupa. Kalian bisa mengambil berbagai momen menarik dan epik ketika bermain dengan berbagai opsi yang dapat memperbagus foto yang kalian ambil, mulai dari filter, pengaturan cahaya dan lainnya.

Review The Last of Us Part I Remake
Fitur Photo Mode buat bisa pamer ke teman
(Sumber: The Last of Us™ Part I)

New Feature & Extra Content

Beberapa dari kalian mungkin bertanya-tanya, “apa saja fitur baru yang ada di game The Last of Us Part I Remake?”. Berikut ini beberapa fitur baru dan juga extra content yang bisa kalian temukan pada game The Last of Us Part I Remake:

New Game Mode

Review The Last of Us Part I Remake
Untuk bisa membuka New Game Mode seperti Permadeath Mode dan Speedrun Mode, harus menamatkan gamenya sekali terlebih dahulu
(Sumber: The Last of Us™ Part I)

The Last of Us I Remake menghadirkan 2 opsi baru dan juga challenging mode untuk pemain yang ingin merasakan pengalaman baru dalam bermain. Salah satunya adalah Permadeath Mode yang merupakan fitur mode dimana pemain akan mati secara permanen ketika karakter mati. Pada saat itu terjadi, game akan reset dan pemain harus mengulangnya lagi dari awal cerita.

Mode ini memiliki beberapa settingan dasar yang bisa dipilih pemain, apakah kalian ingin mengulang lagi permainan dari awal Act cerita atau kalian akan memulainya dari awal chapter. Dalam Permadeath Mode kalian tidak akan bisa melakukan save secara otomatis maupun manual. Keluar game dari menu ataupun langsung mematikan game yang nantinya akan dihitung sebagai “mati”.

Lalu ada Speedrun Mode yang tentu saja diperuntukkan bagi para Speedrunner. Mode Speedrun ini akan mempermudah Speedrunner dalam berlomba memecahkan waktu tercepat menamatkan The Last of Us Part I Remake. Dan tentu saja rekor waktu tersebut bisa di submit dan kalian bisa “adu mekanik” dengan rekor pemain lain.

Accessibility Options

Untuk memberikan layanan terbaik, Naughty Dog menghadirkan beberapa Accessibility Options untuk para pemain. Fitur-fitur ini ada yang berpengaruh langsung pada settingan gameplay dan ada juga yang diperuntukkan bagi pemain yang memiliki kondisi tertentu seperti penderita tunarungu.

BACA  Review FIFA 21: Bukan Seperti Yang Sebelumnya

Berikut ini beberapa fitur Accessibility Options yang ada di The Last of Us :

  1. Alternate Controls
  2. Combat Accessibility
  3. Magnification and Visual Aids
  4. Motion Sickness
  5. Navigation and Traversal
  6. Screen Reader and Audio Cues
Review The Last of Us Part I Remake
Accessibility Options di The Last of Us I Part I Remake yang dapat membantu pemain
(Sumber: The Last of Us™ Part I)

Difficulty Customization

Selain adanya fitur Accessibility Options untuk pemain, game ini menghadirkan fitur Difficulty Customization dimana kalian bisa mengatur berbagai hal di The Last of Us 2022. Berikut ini beberapa customization yang akan kalian temukan dalam game The Last of Us I Remake:

Review The Last of Us Part I Remake
Kalian bisa mengatur Challenge Difficulty pada game sesuai selera
(Sumber: The Last of Us™ Part I)
  • Challenge difficulty meliputi Very Light, Light, Moderate, Hard, Survivor dan Grounded (baru terbuka setelah menamatkan gamenya sekali).
  • Player resiliency
  • Enemy resiliency
  • Ally aggression
  • Stealth efficacy
  • Resource availability

Kesimpulan

Review The Last of Us Part I Remake
The Last of Us I Part Remake masih tetap seru dimainkan meskipun sudah dirilis pada versi sebelumnya

Mungkin kalian mengira game The Last of Us Part 1 versi terbaru ini akan menjadi game yang biasa-biasa saja. Itu karena game tersebut sudah 3x dirilis (Original, Remastered, Remake) dengan cerita dan gameplay yang secara keseluruhan masih sama. Berdasarkan dari perilisan video trailer yang diberikan oleh Naughty Dog dalam memperlihatkan keunggulan game ini kepada publik, banyak gamer merasa The Last of Us Part 1 Remake tidak memiliki banyak perubahan selain dari grafis. Benarkah seperti itu?

The Last of Us I Part 1 Remake masih memberikan pengalaman seru dan juga menegangkan menghadapi monster Clicker dan juga para Survivor lain. Meskipun kalian sebelumnya sudah pernah memainkan The Last of Us versi sebelumnya, keseruan yang kalian dapatkan masih tetap ada. Dengan adanya peningkatan fitur, gameplay sampai ke fitur yang diperuntukkan kepada pemain seperti gamer penderita tunarungu, The Last of Us Part I Remake Iebih berfokus pada memberikan layanan terbaik mereka pada game ini untuk Player.

Jangan lupakan juga dengan peningkatan grafis beserta opsi yang diberikan pada game ini. Jika versi sebelumnya game The Last of Us sudah dianggap bagus dan indah pada zamannya, kalian akan dibuat kaget di versi remake karena banyaknya pemandangan yang meningkat drastis dan bikin takjub. Bahkan ada beberapa lokasi ataupun model karakter yang mengalami perubahan sedikit dan peningkatan agar terlihat lebih realistis.

Jadi bisa dikatakan game The Last of Us Part I Remake menjadi sebuah game seru yang bisa kalian mainkan saat ini bagi pemain baru maupun pemain lama. Dengan banyaknya peningkatan pada fitur gameplay dan juga grafis, game ini cocok kalian telusuri lagi memasuki dunia The Last Us Part I.

Review The Last Of Us Part I Remake Score
Review The Last of Us Part 1 (2022) Score

Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait The Last of Us Part 1 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected].